Tugas Kelompok Psikologi
Manajemen #
Kelas 3PA07
Anggota Kelompok
NO
|
NAMA
|
NPM
|
1
|
Erlita Permatasari
|
13514631
|
2
|
Erna Usman
|
13514634
|
3
|
Ganes Dwi Yuniarti
|
14514460
|
4
|
Daniella Anggarani
|
12514525
|
5
|
Fatma Aliasari
|
14514048
|
Menjadikan perusahaan Gloire pafum nomor satu di
mancanegara, berkualitas tinggi serta aman bagi kesehatan dan dapat
meningkatkan kualitas kulit dengan aroma sedap, Gloire parfum merupakan
perusahaan wewangian terlengkap yang selalu memberikan inovasi baru terhadap
wewangian untuk selalu menjaga dan meningkatkan performance konsumen, dan
memuaskan konsumen.
Misi:
1.
Memperkenalkan parfum dengan menggunakan bahan asli dari indonesia
tanpa merusak alam
2. Menggunakan
produk yang berkualitas tinggi dengan aroma yang bervariasi yang
dapat menjadikan wawangian sebagai identitas konsumen
3. Selalu
mengeluarkan inovasi wewangian terbaru disetiap enam bulan sekali
4. Melayani
setiap pembeli dengan pelayanan terbaik
5. Membuat
pelanggan setia untuk selalu memakai produk kami agar tidak pindah ke produk
lain
Standard Operational Procedure :
1. Pramuniaga
2. kasir
3. Supervisor
b. Sistem
kerja
Dilakukan shift kerja agar
terkendali. Dalam satu hari pembagian shift dibagi menjadi dua yaitu shift pagi
yang dimulai pukul 08.00 WIB-03.30 WIB, dan shift sore mulai pukul 03.00
WIB-22.30WIB. Dalam pergantian shift maka perlu diadakan waktu serah terima
pekerjaan selama 30 menit.
Prosedur Penanganan Pelanggan
Tahap 1 penerimaan pelanggan
Dilakukan oleh pramuniaga
1. Pelanggan
disambut oleh pramuniaga dengan ramah dan sopan
2. Pelanggan
dipersilahkan untuk memilih produk yang tersedia dan mencoba beberapa tester
yang disediakan di display
3. Pramuniaga
wajib mengetahui dan hafal tentang semua produk yang ada di toko sehingga dapat
memberikan informasi tentang produk jika ditanya oleh konsumen
4. Pramuniaga
wajib memberikan informasi tentang promo-promo yang sedang diadakan oleh toko
gloire kepada konsumen
5. Pramuniaga
wajib memperkenalkan dan menawarkan produk baru yang ada di toko
6. Jika
konsumen berminat terhadap produk yang di tunjuk didisplay, pramuniaga wajib
membantu konsumen untuk mengambilkan produk yang baru yang masih tersegel
7. Setelah
produk yang ingin dibeli sudah ditentukan oleh konsumen dan konsumen sudah siap
untuk melakukan transaksi, pramuniaga wajib mengantarkan produk yang diminati
konsumen ke kasir dan mengantar konsumen ke bagian kasir untuk melakukan
transaksi
8. Konsumen
dipersilahkan untuk membayar di kasir.
Tahap
2 penerimaan pembayaran
Dilakukan oleh bagian kasir
Dilakukan oleh bagian kasir
1. Kasir
menerima produk yang dibawa oleh pramuniaga/konsumen dengan
ramah dan sopan
2. Kasir
wajib memberikan informasi kembali tentang promo yang ada di toko serta wajib
menanyakan kembali kepada konsumen “ada tambahan lain ibu/bapak/mba/mas?”
3. Kasir
wajib menyebutkan kembali jenis produk dan jumlah produk yang sudah dipilih
oleh konsumen, untuk memerika bahwa produk yang dipilih sudah sesuai dan
diberikan kepada konsumen yang tepat
4. Kasir
memasukan kode ke komputer dengan cara scan
5. Menyebutkan
nominal yang harus dibayarkan oleh konsumen
6. Kasir
wajib menanyakan kepada konsumen ingin melakukan transaksi jenis apa
7. Jika
menggunakan credit/debit card, kasir wajib menyamakan nominal yang tertera pada
komputer dan pada mesin credit/debit card tersebut dan menunjukkannya pada
konsumen
8. Kasir
wajib mempersilahkan konsumen untuk mengisi pin debit card konsumen, atau
mempersilahkan konsumen untuk melakukan tanda tangan sebagai transaksi di bukti
pembayaran menggunakan card.
9. Jika
melakukan transaksi secara cash, kasir wajib menyebutkan nominal dan
menunjukkan nominal yang tertera pada komputer. Kasir wajib menerima cash
dengan sopan.
10. Kasir
wajib menyebutkan nominal uang kembalian dan memberikan uang kembalian serta
bukti pembayaran kepada konsumen dan menyebutkan “silahkan cek kembali
kembaliannya”
11. Kasir
memastikan bahwa transaksi pembayaran sudah sah dan tidak berpotensi
menimbulkan masalah dikemudian hari
Tahap 3 packing dan penyerahan
Dilakukan oleh pramuniaga& kasir
Dilakukan oleh pramuniaga& kasir
1. Selama
konsumen melakukan transaksi dengan kasir, pramuniaga mengecek ulang jenis dan
jumlah barang yang akan di packing.
2. Setelah
sesuai, barang dimasukan ke dalam paper bag
3. Menyerahkannya
barang yang telah di packing kepada konsumen beserta tanda
bukti pembayaran dengan senyum dan mengucapkan ‘terima kasih’
4. Mengarsip
bukti transaksi di tempat yang telah disediakan
Prosedur Kritik dan saran
Kritik dan saran diterima oleh perusahaan melalui web
side yang telah dibuat di www.leperfumegloire.com, server aktif selama 24
jam dan akan selalu memberikan balasan kepada konsumen yang memberikan krtitik
dan saran.
Prosedur re-stock produk
1. Setiap
pengeluaran persediaan produk dari penjualan konsumen harus dicatat dalam kartu
stok agar pengeluaran terkontrol
2. Wajib
melakukan pemesanan atau pembelian persediaan produk jika stok persediaan
produk sudah pada kondisi sisa maksimum 50%, minimum 30%.
3. Untuk
menjamin kualitas dan stabilitas harga produk, parfum hanya diambil dari
prabrik langsung untuk menghindari kualitas buruk pada produk.
4. Harga
pembelian produk untuk persediaan parfum beserta paper bag ditentukan bersama
oleh pabrik dan counter yang telah disetujui, ditambah dengan biaya pengiriman
untuk masing-masing counter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar